HUBUNGAN PERILAKU BULLY DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING KABUPATEN SLEMAN
THE RELATIONSHIP BETWEEN BULLYING BEHAVIOR AND DEPRESSION LEVEL IN TEENAGERS AT JUNIOR HIGH SCHOOL MUHAMMADIYAH 2 GAMPING, SLEMAN
Keywords:
depresi, perilaku bully, remajaAbstract
Latar belakang: Perilaku bully adalah tindakan menyakiti, membuat trauma dan melemahkan individu atau kelompok orang yang dianggap lemah fisik atau mental dalam mempertahankan kekuasaannya. Depresi merupakan hal yang biasa terjadi pada remaja namun sering kali diabaikan. Hal ini dikarenakan remaja dianggap memiliki sensitivitas perasaan yang berlebihan, mood yang berubah-ubah dan timbulnya gejala depresi bersifat fluktuatif. Tujuan:Mengetahui gambaran hubungan antara perilaku bully dengan tingkat depresi pada remaja di SMP Muhammadiyah 2 Gamping Kabupaten Sleman. Metode:Penelitian ini menggunakan desain pendekatan Cross Sectional terhadap 74 siswa-siswi di SMP Muhammadiyah 2 Gamping Kabupaten Sleman dari kelas VII, VIII dan IX menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dan analisis bivariat untuk mengetahui hubungan diantara dua variabel yang diteliti dengan menggunakan Spearman Rank. Hasil: Kategori terbanyak yakni kategori ringan dengan jumlah 65 responden (87.8%), selanjutnya kategori sedang yaitu sebanyak 9 responden (12.2%), kemudian kategori paling rendah adalah kategori berat dan kategori sangat berat dengan jumlah 0% atau 0 responden. Nilai p-value 0.011 (>0,05), Keeratan hubungan adalah cukup (? = 0,294) dengan arah hubungan positif atau searah. Simpulan dan Saran: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku bully dengan tingkat depresi pada remaja di SMP Muhammadiyah 2 Gamping Kabupaten Sleman, dijadikan bahan referensi bagi mahasiswa dan juga dosen keperawatan.
References
Afifah, N. A., Rasjad, A. S., & Bhatara, T. (2019). Hubungan antara Perilaku Bullying dengan Tingkat Depresi pada Siswa/i SMPN 9 Bandung. Prosiding Pendidikan Dokter, 300-305.doi: https:// karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/14866
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. doi: http://jmua.fmipa .unand.ac.id/index.php/jmua/article/view/423
Anwar, H., & Tuna, Z. (2022). Perilaku Bullying dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Ar-Risalah, 1(1), 30-43. doi: https:// ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/Ar-Risalah/article/view/445
Asran, E. A. (2021, December). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya terhadap Tingkat Depresi pada Korban Perundungan. In Bandung Conference Series: Psychology Science (Vol. 1, No. 1, pp. 1-6). doi: https://proceedings. unisba.ac.id/index.php/BCSPS/article/view/77
Bintang, A. Z., & Mandagi, A. M. (2021). Kejadian Depresi Pada Remaja Menurut Dukungan Sosial Di Kabupaten Jember. Journal of Community Mental Health and Public Policy, 3(2), 92-101.doi: https://cmhp.lenterakaji.org/index.php/cmhp/article/view/55
Budiman, A., Nur, R. O., Novilia, R., & Sari, S. I. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMP Negeri 5 Samarinda. Caritas Et Fraternitas: Jurnal Kesehatan, 1(1), 25-34. doi: https:// jkd.stikesdirgahayusamarinda.ac.id/index.php/jkcef/article/view/254
Desi, D., Felita, A., & Kinasih, A. (2020). Gejala Depresi Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 30-38. doi: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/1144
Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198-207. doi: https://www.jurnal.lp2msasbabel. ac.id/index.php/sus/article/view/2751
Ervina, I., & Shela, F. A. I. (2021). Gerakan Stop Bullying di MTs Miftahul Ulum Desa Arjasa Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(2), 50-52. doi: http://jurnal.unmuh jember.ac.id/index.php/jiwakerta/article/view/6725
Firmansyah, S., & Tadjudin, N. S. (2020). Hubungan dukungan keluarga dengan depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Wreda Budi Pertiwi Bandung. Tarumanagara Medical Journal, 3(1), 203-207. doi: https://journal.untar.ac. id/index.php/tmj/article/view/9749
Gustiwan, J., Karneli, Y., Miaz, Y., & Firman, F. (2021). Pembinaan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Anak untuk Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3216-3223. doi: https://www.neliti.com/publications/449308/pembinaan-karakter-hormat-dan-tanggung-jawab-anak-untuk-pencegahan-bullying-di-s
Handayani, L. T. (2018). Kajian Etik Penelitian Dalam Bidang Kesehatan Dengan Melibatkan Manusia Sebagai Subyek. The Indonesian Journal of Health Science, 10(1). doi: http:// jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TIJHS/article/view/1454
Hartini, H., & Yulianti, Y. (2021). Gambaran Tingkat Depresi Remaja Di Sekolah Menengah Kejuruan Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 5(02), 26-35. doi: http://ojs. akperkerishusada.ac.id/index.php/akperkeris/article/view/44
Haslan, M. M., Sawaludin, S., & Fauzan, A. (2022). Faktor-Faktor Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 24-29. doi: https://journal.ummat.ac.id/index.php/CIVICUS/article/view/6836
Herman, H., Nurshal, D., & Oktarina, E. (2017). Hubungan karakteristik remaja dengan perilaku bullying pada siswa SMP Di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 1-11. doi: http://jks. fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/view/677
Hidayati, L. N., & Amalia, R. (2021). Psychological Impacts On Adolescent Victims Of Bullying: Phenomenology Study. Media Keperawatan Indonesia, 4(3), 201-207. doi:https://scholar. archive.org/work/xms4scvs6fcjrf4hd4hrtjc5za/access/wayback/https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/MKI/article/download/7905/pdf
Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik. doi: https://osf.io /8326r/download
Khaliza, C. N., Besral, B., Ariawan, I., & EL-Matury, H. J. (2021). Efek Bullying, Kekerasan Fisik, dan Kekerasan Seksual terhadap Gejala Depresi pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia: Analisis Data Global School-Based Student Health Survey Indonesia 2015. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(2), 98-106. doi: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jppkmi/article/view/53149
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. doi: https://journal.ummat.ac.id /index.php/historis/article/view/4075
Murtiningsih, I. (2021). Penyuluhan Anti Bullying Peserta Didik. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(1), 11-17. doi: https://scholar.archive.org/work/ylkgidz7ubdjrccektkfoqncu4/access/wayback/http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijecs/article/download/919/pdf
Nabila, P. A., Suryani, S., & Hendrawati, S. (2022). Perilaku Bullying dan Dampaknya Yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(2), 1-12. doi: https://www.journal.ppnijateng.org/index.php/jika/user/register
Noviandari, H., Padillah, R., & Rhomadoni, F. (2022). Hubungan Self Control Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja Di Smp Negeri 2 Banyuputih. Bimbingan Dan Konseling Banyuwangi, 1(1), 31-37. doi: http://ejournal. unibabwi.ac.id/index.php/bikangwangi/article/view/2211
Novilia, R., & Budiman, A. (2021). Hubungan Faktor Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 2(3), 1539-1546. doi: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/1618/897
Novyarni, N., Mais, R. G., Aprileny, I., Maserih, M., & Sumitro, S. (2021). The Bullying dan Mental Siswa: Peran Keluarga Dalam Pandangan Islam. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat,3(1), 17-24.doi http://ejournal.imperiuminstitute .org/index.php/BERDAYA/article/view/305
Nur’Azizah, L. Y., Lestari, B. M., & Magdalena, I. (2021). Dampak Mental bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri Buaran Mangga II Akibat Pembelajaran Jarak Jauh. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 121-129. doi: https://cerdika. publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/article/view/25
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685-691. doi: https:// www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index. php/al-madrasah/article/view/1054
Pamungkas, B. A., & Kamalah, A. D. (2021, December). Gambaran Tingkat Depresi Pada Remaja: Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan (Vol. 1, pp. 1332-1341). doi: https:// jurnal.umpp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/832
Pertiwi, S. T., Moeliono, M. F., & Kendhawati, L. (2021). Depresi, kecemasan, dan stres remaja selama pandemi covid-19. Jurnal al-azhar indonesia seri humaniora, 6(2),72-77. doi:https://scholar.archive.org/work/v4jaclmq2fdhrcfb7uz5efm54u/access/wayback/https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/download/497/pdf_1
Praptikaningtyas, A. A. I., Wahyuni, A. A. S., & Aryani, L. N. A. (2019). Hubungan tingkat depresi pada remaja dengan prestasi akademis siswa SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(7), 1-5. doi: https://ojs. unud.ac.id/index.php/eum/article/download/51773/30713
Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di sekolah: Kurangnya empati pelaku bullying dan pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237-246. doi: https://www.researchgate.net/profile/BetyRahayu/publication/339402172_Bullying_di_Sekolah_Kurangnya_Empati_Pelaku_Bullying_dan_Pencegahan/links/5fcc83cda6fdcc697be4b25d/Bullying-di-Sekolah-Kurangnya-Empati-Pelaku-Bullying-dan-Pencegahan.pdf
Rochman, I. A. I., & Priyanto, A. (2022). Hubungan Moral Remaja terhadap Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 1 Depok. E-CIVICS, 11(1), 1-10. doi: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/17694
Roflin, E., & Liberty, I. A. (2022). Metode Menghitung Besar Sampel pada Penelitian Kesehatan. Penerbit NEM. doi: https://books.google.co.id/books? hl=id&lr=&id=WsFpEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Roflin,+E.,+%26+Liberty,+I.+A.+(2022).+Metode+Menghitung+Besar+Sampel+pada+Penelitian+Kesehatan.+Penerbit+NEM.&ots=W172f4TY_W&sig=3blE_H7BqWY9oYmk0Eds94gc7M&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Roufuddin, R., Masruroh, N., & Widoyanti, V. (2021). Perbedaan Tingkat Depresi Pada Lansia Sebelum Dan Sesudah Diberikan Terapi Musik Keroncong. Indonesian Journal of Professional Nursing, 2(1), 28-32. doi: http://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/2775
Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson Dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75-89. doi: https://jurnalassalam. org/index.php/JAS/article/view/384
Sany, U. P. (2022). Gangguan Kecemasan dan Depresi Menurut Perspektif Al Qur’an. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 1262-1278. doi: https:// www.researchgate.net/profile/UlfiSany/publication/358285746_Gangguan_Kecemasan_dan_Depresi_Menurut_Perspektif_Al_Qur'an/links/61fbad3f007fb5044731f5ea/Gangguan-Kecemasan-dan-Depresi-Menurut-Perspektif-Al-Quran.pdf
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena bullying siswa: Studi tentang motif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333-367. doi: http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya/article/view/2366
Sirait, H. S., Dani, A. H., & Maryani, D. R. (2020). Hubungan pengetahuan tentang Covid-19 terhadap tingkat kecemasan pada lansia yang mengalami hipertensi. Jurnal kesehatan, 11(2), 165-169. doi: https://jurnal.stikescirebon. ac.id/index.php/kesehatan/article/view/222
Syavika, N., Pratiwi, R., Sahputra, D., Saragih, M. P. D., & Daulay, A. A. (2023). Bentuk Emosi Bullying dan Korban Bullying di Sekolah (Studi Kasus SMP Negeri 27 Medan). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 741-745. doi: http://ji.unbari.ac.id/ index.php/ilmiah/article/view/3093
Trimardhani, V., Rachmawati, D., & Yulma, Y. (2021). Strategi Komunikasi Persuasi untuk Pencegahan Aksi Bullying di SMP Negeri 85 Jakarta. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(1), 60-71. doi: http://www.warta-iski.or.id/ index.php/WartaISKI/article/view/102
Tricahyani, I. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada remaja awal di panti asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542-550. doi: https://simdos.unud.ac.id/uploads /file_penelitian_1_dir/434229fd4a739a7f04400da9d3460ddd.pdf
Ulfatun, T., Santosa, W. P., Presganachya, F., & Zsa-Zsadilla, C. A. (2021). Edukasi Anti Bullying Bagi Guru Dan Siswa Smp Muhammadiyah Butuh Purworejo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 165-169. doi: https://journal. ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4260
Wati, H., & Rahmah, H. (2022). Penanganan Anak Korban Bullying dengan Pendekatan Al-Quran (Sebuah Kajian Awal). Jurnal Basicedu, 6(2), 1668-1677. doi: https://jbasic.org/ index.php/basicedu/article/view/2365
Wijayanto, G. A., & Hidayati, E. (2021). Konsep Diri Pada Remaja yang mengalami Bullying. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 503-509. doi: https:// journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/1947
Winding, T. N., Skouenborg, L. A., Mortensen, V. L., & Andersen, J. H. (2020). Is bullying in adolescence associated with the development of depressive symptoms in adulthood?: A longitudinal cohort study. BMC psychology, 8(1), 1-9.doi: https://link.springer.com/article/10.1186/s40359-020-00491-5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Natasya B. Saud, Deasti Nurmaguphita, Sutejo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.