Supportive Educational Personal Hygiene Pelatihan Kelompok Guru PAUD di Kota Semarang

Supportive Educational Personal Hygiene Group Training of PAUD Teachers in The City of Semarang

Authors

  • Heny prasetyorini Heny Universitas Widya Husada Semarang
  • Dyah Restuning Prihati Universitas Widya Husada Semarang
  • Maulidta Karunianingwirawati Universitas Widya Husada Semarang

Keywords:

suportive edukatif, personal hygiene, kelompok guru

Abstract

Abstrak: Upaya penyuluhan kesehatan saat ini memang lebih banyak memilih orang dewasa sebagai sasaran utama, masih jarang dilakukan edukasi pada kelompok anak usia dini. Kegiatan yang dilakukan pada anak usia dini selama ini hanya berupa kegiatan pemeriksaan kesehatan seperti deteksi tumbuh kembang dan  screening yang meliputi pemeriksaan antopometri dan pemeriksaan gigi. Padahal anak usia dini lebih mudah menyerap ilmu  apabila di ajarkan sejak usia dini. Tujuan PKM ini mengajarkan pada kelompok guru PAUD tentang  edukasi perilaku hidup bersih dan sehat  pada anak usia dini dengan cara bermain peran  sehingga dapat  menumbuhkan imajinasi pada anak. Metode yang digunakan adalah dengan metode bercerita, demonstrasi dan bernyanyi. Hasil kegiatan ini semua guru PAUD yang ada di PAUD Bina Amal dan Pondok Beringin 19 responden (100%) akan memasukan kurikulum materi tentang Edukasi kesehatan dengan cara bermain peran agar anak usia dini disetiap semester mendapatkan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat . Guru PAUD dapat menerapkan bagaimana cara mengajarkan anak cara personal  hygiene dengan bermain peran sehingga anak lebih tertarik dan dapat langsung mengaplikasikan disaat mereka melakukan aktivitasnya. Bermain peran akan membuat anak – anak lebih mudah untuk mengingat karena cara pembelajaran dilakukan sambil bermain, bercerita, dan juga langsung ada contoh bergambar serta boneka untuk pembelajaran.

Abstract: Current health education efforts are indeed choosing adults as the main target, education is still rarely carried out in the early childhood group. Activities carried out for early childhood have only been in the form of health check-ups, such as growth and development detection and screening, which include anthropometric examinations and dental examinations. Whereas early childhood is easier to absorb knowledge if it is taught from an early age. The purpose of this PKM is to teach groups of PAUD teachers about educating clean and healthy living behavior in early childhood by playing a role so that it can foster imagination in children. The method used is the method of telling stories, demonstrations and singing. The results of this activity are all PAUD teachers in PAUD Bina Amal and Pondok Beringin 19 respondents (100%) will include curriculum material on health education by way of role playing so that early childhood children in each semester get material about clean and healthy living behavior. PAUD teachers can apply how to teach children personal hygiene by playing a role so that children are more interested and can apply it directly when they do their activities. Role playing will make it easier for children to remember because learning is done while playing, telling stories, and there are also direct illustrated examples and dolls for learning.

 

 

 

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Heny, H. prasetyorini, Dyah Restuning Prihati, & Maulidta Karunianingwirawati. (2022). Supportive Educational Personal Hygiene Pelatihan Kelompok Guru PAUD di Kota Semarang: Supportive Educational Personal Hygiene Group Training of PAUD Teachers in The City of Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 2(1), 50–56. Retrieved from http://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/150

Issue

Section

Articles