Guided Imagery pada Anak Usia Remaja di Depok, Sleman

Guided Imagery for Adolescent in Depok, Sleman

Authors

  • Yuli Ernawati, S. Kep., Ns., M. Kep STIKES Wira Husada Yogyakarta
  • Ika Mustika Dewi Universitas Alma Ata Yogyakarta

Keywords:

guided imagery, remaja

Abstract

Abstrak: Remaja merupakan masa dimana anak mengalami perubahan dari anak-anak menuju dewasa. Dalam rentang perkembangan anak usia remaja rentan dengan periode kritis yang perlu diantisipasi. Isu perkembangan anak usia remaja antara lain perilaku berisiko yang dapat dimunculkan dalam peforma akademik yang kurang baik, keterlibatan dalam peer group yang tidak positif, serta kenakalan remaja. Kondisi pandemic covid-19 merupakan kondisi yang mempengaruhi seluruh tahap pertumbuhan dan perkembangan (tumbang), terutama remaja dimana remaja dituntut untuk mampu beradaptasi belajar dari rumah dan manipulasi aktivitas. Hal tersebut rentan membuat stress pada remaja. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan terapi modalitas remaja sebagai empowerment adaptasi kebiasaan baru, salah satunya dengan guided imagery. Metode yang digunakan berupa pendidikan kesehatan dengan ceramah. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan guided imagery pada 9 anak usia remaja di Kampung Nologaten didapatkan adanya peningkatan pengetahuan remaja tentang guided imagery. Diharapkan dengan adanya peningkatan pengetahuan anak tentang guided imagery dapat menjadi alternatif relaksasi mengurangi stress pada remaja, sehingga diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas hidup remaja

Abstract: Adolescence is a time when children experience changes from children to adults. In the range of development, adolescents are vulnerable to critical periods that need to be anticipated. The developmental issues of adolescent children include risky behavior that can arise in poor academic performance, involvement in non-positive peer groups, and juvenile delinquency. The Covid-19 pandemic condition is a condition that affects all stages of falling, especially teenagers where teenagers are required to be able to adapt to learning from home and manipulating activities. This is prone to create stress in adolescents. This community service activity aims to improve adolescent modality therapy skills as an adaptation of new habits empowerment, one of which is guided imagery. The method used is in the form of health education with lectures. After conducting guided imagery health education on 9 teenage children in Nologaten Village, it was found that there was an increase in adolescent knowledge about guided imagery. It is hoped that by increasing children's knowledge about guided imagery it can be an alternative relaxation to reduce stress in adolescents, so that in the future it is hoped that in the future it can improve the quality of life of adolescents

 

 

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Yuli Ernawati, S. Kep., Ns., M. Kep, & Ika Mustika Dewi. (2022). Guided Imagery pada Anak Usia Remaja di Depok, Sleman: Guided Imagery for Adolescent in Depok, Sleman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 2(3), 86–93. Retrieved from http://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/224

Issue

Section

Articles