Program Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa/Siswi dalam Penanganan Pertolongan Pertama pada Perdarahan di SMA Negeri 1 Jember
Students’ Knowledge and Skills Enhancement Program on First Aid of Bleeding at Senior High School I Jember
Keywords:
ketrampilan, pengetahuan, perdarahan, pertolongan pertamaAbstract
Abstrak: SMA Negeri I Jember adalah salah satu SMA dengan jumlah peserta didik yang tinggi yang memungkinkan terjadi perdarahan akibat aktivitas siswa di sekolah. Sehingga perlu adanya pelatihan mengenai tatalaksana pertolongan pertama menjadi penting. Ditambah belum adanya pelatihan tentang perdarahan belum pernah dilakukan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa/siswi SMA Negeri 1 Jember dalam Penanganan Pertolongan Pertama pada Perdarahan. Metode yang digunakan yaitu metode Participation Action Research (PAR) melalui kegiatan perencanaan, intervensi (ceramah, diskusi dan simulasi) terkait penanganan darurat perdarahan dan evaluasi menggunakan kuesioner dan dilakukan analisis secara statistik. Uji wilcoxon menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara pengetahuan siswa sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Namun, hasil analisis masing-masing peserta didapatkan bahwa 38% peserta mengalami kenaikan, 35,3% tetap, dan 8,8% penurunan skor pengetahuan dan ketrampilan sebelum dan setelah intervensi,. Kesimpulan pengabdian masyarakat ini adalah edukasi dan simulasi Penanganan Pertolongan Pertama pada Perdarahan pada siswa di SMA Negeri 1 Jember tidak mengalami perubahan yang signifikan secara statistik, tetapi terdapat 38% peserta yang mengalami peningkatan pengetahuan dan ketrampilan setelah intervensi. Dalam pengabdian masyarakat selanjutnya, perlu ada pelatihan penanganan perdarahan di program intrakulikuler sekolah..
Abstract: SMA Negeri I Jember is one of the high schools with a high number of students which allows bleeding due to student activities at school. Therefore, the need for training on the management of first aid is crucial. In addition, there has been no training on bleeding that has never been carried out. This community service aims to increase the Knowledge and Skills of SMA N I Jember’s students in handling first aid for bleeding. The Participation Action Research (PAR) through planning activities, interventions (lectures, discussions and simulations) related to emergency management of bleeding and evaluation using questionnaires was utilized. The Wilcoxon test showed no significant difference between students' knowledge before and after the intervention. However, the results of the analysis of each participant found that 38% of participants experienced an increase, 35.3% remained, and 8.8% decreased knowledge and skills scores before and after the intervention. Community service conclusion is no statistically significant change in education and simulation of handling first aid for bleeding for students, but there are 38% of participants who experience an increase in knowledge and skills after intervention. In further community service, there needs to be training in handling bleeding in the school's intracurricular program.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Zulfatul A'la, Ruris Haristiani, Rismawan Adi Yunanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.