SEHAT MENTAL FOR CAREGIVER MELALUI PELATIHAN PENERAPAN METODE STOISISME UNTUK MENURUNKAN STRES: DALAM MERAWAT LANSIA DEMENSIA

Authors

  • Lia Juniarni Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Bandung Jawa Barat
  • Gina Nurdina Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Bandung Jawa Barat
  • Habibah Dwi Aryanti Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Bandung Jawa Barat
  • Andri Dwi Pranata Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Bandung Jawa Barat

Keywords:

caregiver, ,demensia, lansia,, stoisisme,, stres.

Abstract

 

Keluarga berperan sebagai support system utama bagi lansia dalam mempertahankan kesehatannya. Perawatan demensia, sekitar 70% dilakukan dirumah, hal ini dapat menimbulkan permasalahan pada keluarga. Mengatasi permasalah yang muncul ditawarkan salah satu pelatihan berisi tentang edukasi demensia dan cara perawatannya serta penerapan Stoisisme yang bertujuan mencapai kebahagiaan, ketenangan, kebebasan dari emosi yang merusak dan penguasaan atas keinginan. Metode STAR (Stop-Think and Asess-Respon) dalam Stoisisme mempermudah proses mengingat dan pengaplikasian oleh caregiver. S(Stop): menghentikan emosi negatif, T(Think) and A(Asess): dipikirkan dan dinilai, alasan yang  rasional. R(Respond): respon ini adalah hasil pengaruh nalar atau rasio yang sebaik-baiknya tidak terbawa perasaan atau emosi. Pelatihan dan penerapan metode Stoisisme dengan menggunakan teknik STAR (Stop-Think and Asess-Respon) memberikan pengaruh pada perubahan sikap dan perilaku caregiver terhadap penilaian stress dalam merawat lansia demensia. Evaluasi hasil didapatkan bahwa klien mengerti tentang demensia dan bagaimana perawatannya, serta peserta memahami dan mampu melakukan metode STAR dalam menyelesaikan masalah psikologisnya.

Downloads

Published

2021-08-16

How to Cite

Juniarni, L. ., Nurdina, G. ., Dwi Aryanti, H. ., & Pranata, A. D. . (2021). SEHAT MENTAL FOR CAREGIVER MELALUI PELATIHAN PENERAPAN METODE STOISISME UNTUK MENURUNKAN STRES: DALAM MERAWAT LANSIA DEMENSIA . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 1(1), 8–17. Retrieved from http://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/83

Issue

Section

Articles