Edukasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Paguyuban Perias Pengantin Kencana Ayu di Yogyakarta

Authors

  • Wiwi Kustio Priliana STIKES Notokusumo Yogyakarta

Keywords:

kanker payudara, SADARI

Abstract

Latar belakang : Kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut. Maka perlu adanya upaya untuk memeriksa payudara sendiri ( SADARI ) untuk deteksi dini kanker payudara..
Tujuan : Meningkatkan pengetahuan ibu tentang kanker payudara dan SADARI

Metode : metode dengan penyuluhan kesehatan tentang penyebab kanker dan pencegahan kanker payudara dan pemeriksaan sendiri pada ibu ibu di Paguyuban Perias Kencana Ayu di Yogyakarta.
Hasil : Kegiatan penyuluhan Kesehatan di ikuti oleh 25 ibu yang tergabung dalam paguyuban Perias Kencana Ayu di Yogyakarta. Ayu. Selama pelaksanaannya seluruh peserta mengikuti dengan antusias, aktif dan dalam proses tanya jawab dengan peserta banyak bertanya, ada empat pertanyaan terkait cara mencegah kanker payudara dan tiga pertanyaan terkait SADARI semua dapat dijawab dengan benar 100% sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penyuluhan kesehatan berhasil.

Kesimpulan : Penyuluhan kesehatan berhasil dengan baik. Banyak ibu ibu yang bertanya secara individu secara langsung saat tanya jawab dan melalui telepon atau Whatshap setelah kegiatan, hal ini menunjukkan adanya indikator peningkatan pengetahuan ,pemahaman dan motivasi untuk menjaga kesehatan dan juga motivasi untuk melakukan SADARI sehingga dapat diketahui sejak dini untuk kanker payudara.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Priliana, W. K. (2021). Edukasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Paguyuban Perias Pengantin Kencana Ayu di Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 1(2), 52–58. Retrieved from https://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/125

Issue

Section

Articles