Evaluasi Penerapan PHBS pada Anak-Anak Kampung Babakan Raja Brana RT 003 Cimanggis Depok

Evaluation of Implementation of PHBS for Children in Babakan Raja Brana RT 003 Cimanggis Depok

Authors

  • Gefira Nur Fatimah STIKes Istara Nusantara
  • Siti Masruroh STIKes Istara Nusantara
  • Fauziah Apriliani STIKes Istara Nusantara
  • Alifah Irdanti Syakurli STIKes Istara Nusantara
  • Muhammad Fuad Iqbal STIKes Istara Nusantara

Keywords:

anak anak, PHBS, cuci tangan, memilah sampah

Abstract

Abstrak: Kondisi triple burden disease di Indonesia dapat dicegah dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Perilaku dan kebiasaan dibangun saat mereka masih usia anak-anak, terutama kebiasaan mencuci tangan serta memilah dan membuang sampah pada tempatnya. Kampung Babakan Raja Brana sejak tahun 2019 berkomitmen untuk menerapkan konsep kampung sehat dengan melaksanakan kegiatan masyarakat berbasis bersih dan sehat. Kegiatan penyuluhan ini untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman anak-anak terkait cara mencuci tangan dan pemilahan sampah. Metode kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab dan demonstrasi, evaluasi dilakukan dengan tanya jawab dengan hasil seluruh anak-anak belum memahami cuci tangan yang baik dan benar serta belum bisa membedakan sampah organik dan organik, setelah diberikan penyuluhan dan pemberian permainan menyusun puzzle cuci tangan dan demonstrasi pemberian sampah didapatkan hasil bahwa 2 dari 3 kelompok berhasil menyusun puzzle langkah-langkah cuci tangan  sesuai standar WHO dan 100% anak-anak bisa membedakan jenis sampah organik dan anorganik dengan benar.

 

Abstract: The condition of triple burden disease in Indonesia can be prevented by implementing Clean and Healthy Behavior (PHBS). Behaviors and habits are built when they are still children, especially the habit of hands washing and sorting and disposing of trash in its place. Babakan Raja Brana Village, since 2019 has been committed to implementing the concept of a healthy village by implementing clean and healthy-based community activities. This counseling activity is to evaluate the extent of children's understanding regarding how to wash hands and sort waste. The method of this activity is lecture, question and answer and demonstration, evaluation is carried out by question and answer with the result that all children do not understand proper and proper hand washing and cannot distinguish between organic and organic waste, after being given counseling and giving games to arrange hand washing puzzles and The demonstration of giving garbage resulted in that 2 out of 3 groups succeeded in compiling a puzzle of steps for washing hands according to WHO standards and 100% of the children could distinguish between organic and inorganic waste types correctly.

References

BPPK Kemenkes. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

CDC. (2023). Hand Hygiene in Schools and Early Care and Education Settings. https://www.cdc.gov/handwashing/handwashing-school.html

Faizadhani, M. (2016). Sukses Presentasi ala Tokoh-Tokoh Hebat Dunia. Laksana.

Hestiani, Yuniar, N., & Eka Meiyana Erawan, P. (2017). Efektivitas Metode Demonstrasi(Sikat Gigi) Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Terkait Pencegahan Karies Gigi Pada Siswa Kelas IV Dan V Di Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara Tahun 2016. JIMKESMAS, 2(5).

KemenKes. (2021). Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Data Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. https://promkes.kemkes.go.id/gerakan-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-dalam-data-riset-kesehatan-dasar

KemKes. (2021). Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam PIS - PK. Kementerian Kesehatan DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. https://promkes.kemkes.go.id/indikator-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-phbs-dalam-pis---pk

Mardhiati, R. (2019). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini.

Margowati, S., & Astuti, F. P. (2017). Implementasi PHBS Pada Anak Usia Dini Melalui Metode SELING. Journal of Holistic Nursing Science, 4(1).

Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA’DIB, 12(2), 226. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217

NHS. (2023). How To Wash Your Hands. https://www.nhs.uk/live-well/best-way-to-wash-your-hands/

Rukaiyah, S. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI TATANAN RUMAH TANGGA KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Inovasi Penelitian, 33(1), 1–12.

SIPSN. (2023). CAPAIAN KINERJA PENGELOLAAN SAMPAH. Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/#:~:text=SIPSN - Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional

Wilopo, S. A. (2021). Menuju Indonesia Maju 2045. Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Nur Fatimah, G., Siti Masruroh, Fauziah Apriliani, Alifah Irdanti Syakurli, & Muhammad Fuad Iqbal. (2023). Evaluasi Penerapan PHBS pada Anak-Anak Kampung Babakan Raja Brana RT 003 Cimanggis Depok: Evaluation of Implementation of PHBS for Children in Babakan Raja Brana RT 003 Cimanggis Depok . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 3(3), 1–10. Retrieved from https://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/313

Issue

Section

Articles