Pelatihan Manajemen Stres Guru Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Kupang
Stress Management Trainng for Teachers of The State Extraordinary School of Kupang
Keywords:
guru, manajemen stress, sekolah luar biasaAbstract
Abstrak: Guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Kupang menghadapi tantangan dalam menangani siswa berkebutuhan khusus yang memiliki berbagai keterbatasan baik dari segi fisik, mental dan sosial. Siswa memiliki sensitivitas emosi tinggi dalam membangun relasi dan beragam perilaku yang tidak sesuai tingkat perkembangannya. Hal ini memicu sumber stres bagi Para Guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Kupang. Stres yang tidak dikelola dapat berdampak negatif pada kesehatan dan produktivitas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru dalam manajemen stres guna mengatasi permasalahan yang dihadapi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Kota Kupang dengan melibatkan para Guru yang berjumlah 20 orang. Dan Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah, pelatihan manajemen stres melalui pengisian lembar kerja, diskusi, serta pendampingan oleh para mentor. Hasil kegiatan pengabdian adalah para pengajar memahami stres dan mampu mengelola stres dengan indikator sebagai berikut: peserta dapat mengindentifikasi masalah atau situasi yang menjadi sumber stres, menganalisa stres, menyusun berbagai strategi menghindari stres dan melakukan coping stres.
Abstract: Teachers at the State Special Needs School Pembina Kupang face challenges in handling students with special needs who have various limitations both physically, mentally and socially. Students have high emotional sensitivity in building relationships, various behaviors that are not appropriate to their level of development. This triggers a source of stress for teachers at the State Special Needs School Pembina Kupang. Unmanaged stress can have a negative impact on health and productivity. Therefore, this community service activity aims to train teachers in stress management to overcome the problems faced. This activity was carried out in the Hall of the State Special Needs School Pembina Kupang City involving 20 teachers. And the methods used in this activity included lectures, stress management training through filling out worksheets, discussions, and mentoring by mentors. The results of the community service activity were that teachers understood stress and were able to manage stress with the following indicators: participants were able to identify problems or situations that were sources of stress, analyze stress, develop various strategies to avoid stress and carry out stress coping.
References
Alfian, A. R., Zahrah, R., Sari, P. N., & Azkha, N. (2021). Analisis Manajemen Stres Kerja Pada Pengajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang Tahun 2020. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(4), 275–282. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.4.275-282
Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih?: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 37. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527
Buwana, S. A. N., Suhariadi, F., & Sugiarti, L. R. (2022). Sumber Stres dan Coping Stress Pekerja dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi?: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(1), 12–25. https://doi.org/10.35891/jip.v9i1.2643
Haikal, M. R., & Darmiany. (2022). Problematika Guru dalam Mengajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SLB Azahra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 6.
Hanum, L., Daengsari, D. P., & Kemala, C. N. (2016). Penerapan Manajemen Stres Berkelompok dalam Menurunkan Stres pada Lanjut Usia Berpenyakit Kronis. Jurnal Psikologi, 43(1), 42. https://doi.org/10.22146/jpsi.11501
Kurnia, A. (2023). Manajemen Coping Stress Guru Sekolah Luar Biasa dalam Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus. Batanang: Jurnal Psikologi, 2(1), 40–53.
Mahmud, R., & Uyun, Z. (2016). Studi Deskriptif Mengenai Pola Stres pada Mahasiswa Praktikum. Jurnal Indigenous, 1(2), 52–60.
Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal edukasi nonformal, 3(2), 422–427.
Rochani. (2020). Pelatihan MANAJEMEN STRES UNTUK MEREDUKSI TINGKAT STRES GURU SELAMA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU Rochani Pogram Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Psikologi, 1(1), 11–21.
Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431
Wahyuningtiyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan Manajemen Stres Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1), 28–45. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105006
Alfian, A. R., Zahrah, R., Sari, P. N., & Azkha, N. (2021). Analisis Manajemen Stres Kerja Pada Pengajar Sekolah Luar Biasa (SLB). Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(4), 275–282. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.4.275-282
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irene Elvira Daik, Devi Novita Sheldena, Gusti Yohanis Sette, Septe Mangi Uly, Marlen Djo, Donny Esporil Kefi, Dominggo Hendthrof Tak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.