HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD DAN TK BHAKTI SIWI PURWOREJO
THE CORRELATION BETWEEN SMARTPHONE USE AND DEVELOPMENT OF CHILDREN OF PRESCHOOL AGE IN PAUD AND TK BHAKTI SIWI PURWOREJO
Keywords:
Durasi penggunaan smartphone, perkembangan anakAbstract
Latar Belakang: Penggunaan smartphone pada anak prasekolah dapat menyebabkan ganguan perkembangan apabila tidak memperhatikan batasan waktu. Tujuan Penelitian: Dalam Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara penggunaan smartphone dengan perkembangan anak di TK Bhakti Siwi Purworejo. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 44 siswa, yang diperoleh dengan cara total sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah dengan kuesioner KPSP dan kuesioner durasi penggunaan smartphone. Analisis data yang digunakan untuk melihat korelasi menggunakan uji Somers’d dengan ? 0,05. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak menggunakan smartphone dengan durasi rendah sebanyak 86,7% anak dengan perkembangan sesuai dan sebanyak 75% pengguna smartphone dengan durasi tinggi dengan perkembangan meragukan. Pengolahan data dengan uji Somers’d didapatkan nilai p = 0,036 <0,05 dengan arti bahwa terdapat hubungan antara penggunaan smartphone dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD dan TK Bhakti Siwi Purworejo dengan nilai korelasi r = 0,288. Kesimpulan: Semakin tinggi durasi anak menggunakan smartphone, maka semakin banyak anak dengan perkembangan meragukan. Anak boleh menggunakan smartphone namun tetap dalam pengawasan dan memperhatikan batasan waktu.
Background: The use of smartphones in preschool children can lead to developmental disorders. It happens when in the use of smartphones people do not pay attention to time limit. So, it can cause smartphone addiction which can have an effect on the development of preschool-age children. Research Objective: This study aims to see the correlation between smartphone use and child development in TK (Kindergarten) Bhakti Siwi Purworejo. Research Method: This study used descriptive method with cross sectional approach. The sample used in this study was 44 students, which was obtained by means of total sampling. The research instrument used was KPSP questionnaire and questionnaire for the duration of smartphone use. The data analysis used to see correlation was Somers'd test with ? 0.05. Research Result: The result showed that most children using smartphones in short duration were as many as 86.7% of the children with appropriate development and as many as 75% of the smartphone users in long duration with dubious development. The data processing with the Somers'd test obtained p value = 0.036 <0.05 meaning that there was a correlation between smartphone use and the development of preschool-age children in PAUD (preschool) and TK Bhakti Siwi Purworejo with correlation value r = 0.288. Conclusion: The longer the duration of smartphone use, the higher the risk of developmental deviations in children. Children can use smartphones, but they should remain under supervision and pay attention to time limit.