PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP KECEMASAN HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI RSUD SLEMAN
THE EFFECT OF PUZZLE PLAY THERAPY ON HOSPITALISATION ANXIETY IN PRESCHOOL CHILDREN AT RSUD SLEMAN
Keywords:
puzzle, anxiety, preschool childrenAbstract
Latar Belakang : Anak usia pra sekolah adalah anak yang berusia 3-6 tahun, usia ini memandang hospitalisasi atau melihat Rumah Sakit merupakan suatu tempat yang menakutkan, sehingga anak mengalami kecemasan jika berada di Rumah Sakit. Apabila anak mengalami kecemasan tinggi saat dirawat di Rumah Sakit, maka besar sekali kemungkinan anak akan mengalami disfungsi perkembangan. Terapi bermain adalah suatu metode psikoterapi untuk membantu anak usia 3-12 tahun mengekspresikan pikiran, perasaan atau emosi mereka dengan lebih baik lewat beragam permainan. Tujuan penelitian : Mengetahui pengaruh terapi bermain Puzzle terhadap kecemasan Hospitalisasi anak pra sekolah di RSUD Sleman. Metode Penelitian : Menggunakan metode pra-eksperimental dengan rancangan one-group pra-post test design. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling Hasil penelitian: Hasil dari Wilcoxon test dari 30 responden terdapat pengaruh terapi bermain Puzzle Terhadap Kecemasan Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah sebelum dan sesudah diberikan Intervensi Permainan Puzzle dengan p value = 0,000<0,05 disimpulkan adanya pengaruh yang cukup signifikan pada pemberian terapi permainan puzzle terhadap kecemasan anak akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di Rumah Sakit Umum Daerah Sleman. Kesimpulan: Terdapat pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan hospitalisasi pada anak usia prasekolah.
Background: Pre-school-age children are children aged 3-6 years, this age perceives hospitalization or sees the hospital as a scary place, so children experience anxiety if they are in the hospital. If children experience high anxiety when hospitalized, they will likely experience developmental dysfunction. Play therapy is a psychotherapeutic method to help children aged 3-12 years express their thoughts, feelings, or emotions better through various games. Objective: To determine the effect of Puzzle play therapy on hospitalization anxiety of preschool children at Sleman Hospital. Research Methods: Using a pre-experimental method with a one-group pre-post test design. Data collection using a purposive sampling technique. Research results: The results of the Wilcoxon test of 30 respondents showed the effect of Puzzle play therapy on Hospitalisation Anxiety in preschool Age Children before and after being given Puzzle Game Intervention with P Value = 0.000 <0.05, it was concluded that there was a significant effect on the provision of puzzle game therapy on children's anxiety due to hospitalization in preschool age children at Sleman Regional General Hospital. Conclusion: There is an effect of puzzle play therapy on hospitalization anxiety in preschool children.
References
Aini, N dan Aridina, L. M. (2016). Asuhan Keperawatan pada Sistem Endokrin dengan Pendekatan NANDA NIC NOC. Salemba Medika.
Alfiyah, I. N., Badi’ah, A., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Terapi Murottal Ar-Rahman dan Terjemahnya Terhadap Kecemasan Pasien Pre Operatif dengan Sub Arachnoid Blok (SAB) di RS PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta.
Anisha, N., & Lestari, R. F. (2022). Penerapan Terapi Bermain Puzzle Untuk Mengatasi Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Saat Hospitalisasi. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(6), 624. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i06.p06
Ayu Fibiyanti, M. S., Rahayu, D. A., & Hidayati, E. (2024). Efektifitas terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi. Ners Muda, 5(1). https://doi.org/10.26714/nm.v5i1.13987
Chamidah, N., Tjahjono, E., Fadilah, A. R., & Lestari, B. (2018). Standard growth charts for weight of children in East Java using local linear estimator. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1).
Delvecchio E, Salcuni S, Lis A, Germani A, D. R. D. (2019). Hospitalized Children?: Anxiety, Coping Strategies, and Pretend Play. Front Public Health, 6(7), 250. https://doi.org/10.3389/fpubh.2019.00250.
Faidah, N., & Marchelina, T. (2022). Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah Yang Dirawat Di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Jurnal STIKES Cendikia Utama Kudus, 218–228.
Fitriani, W., Santi, E., & Rahmayanti, D. (2017). Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Kemoterapi Di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 5((2)), 45–54.
Godino-Iáñez MJ, Martos-Cabrera MB, Suleiman-Martos N, Gómez-Urquiza JL, Vargas-Román K, Membrive-Jiménez MJ, A.-G. L. (2020). lay Therapy as an Intervention in Hospitalized Children?: A Systematic Review. Healthcare (Basel)., 8((3)), 239. https://doi.org/10.3390/healthcare8030239.
Haryono, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Puzzle Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 5–11. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.972
Jaya, K. (2018). Keperawatan Jiwa. Binarupa Aksara.
Mulyanti, S., Kurniyanti, N., & Kusmana, T. (2022). Terapi Bermain (Puzzle) Untuk Menurunkan Kecemasan Akibat Stres Hospitalisasi: Literatur Review. Journal of Nursing Practice and Science, 1((1)), 28–40.
Noverita, Mulyadi, & M. (2017). Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia 3- 5 Tahun Yang Berobat Di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan., 8((1)), 87–99.
Nurlaila, Utami, W., & W, T. C. (2018). Buku Ajar Keperawatan Anak Dilengkapi Dengan Soal Uji Kompetensi Perawat. Leutikaprio.
Nurwulansari, Ashar, M. U., Huriati, & Syarif, S. (2019). The Effect of Constructive Play Therapy on Anxiety Levels of Preschool Children Due to Hospitalization. Journal of Health Science and Prevention, 3((3S)), 72–78.
Oktaviyani, R. D., & Suri, O. I. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan, 10(2), 112. https://doi.org/10.35730/jk.v10i2.406
Padila, P., Yanti, L., Pratiwi, B. A., Angraini, W., & Admaja, R. D. (2020). Touch, Talk dan Skill Play terhadap Penurunan Kecemasan Anak Pre-School. Jurnal Kesmas Asclepius, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.31539/jka.v2i2.1418
Pratiwi, W., Immawati, I., & Nurhayati, S. (2023). Penerapan Terapi Bermain Puzzle Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi Di Rsud Jend. Ahmad Yani Metro. Jurnal Cendikia Muda, 3((4)), 618–627.
Pribadi, T., Elsanti, D., & Yulianto, A. (2018). Reduction of Anxiety in Children Facing Hospitalization by Play Therapy: Origami and Puzzle in Lampung-Indonesia. Malahayati International Journal of Nursing and Health Science, 1((1)), 29–35.
Rahayu Khoerunnisa, S., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–58. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.279
Setiawati, E., & S. (2019). Pengaruh terapi bermain dalam menurunkan kecemasan pada anak sebagai dampak hospitalisasi di RSUD Ambarawa. Indonesian Journal of Midwivery, 2((1)), 17–22.
Widiyanti, W. (2023). An Overview of the Anxiety Level of Preschool Children Based on the Frequency of Hospitalization in the Children’s Room of the II.Prof.Dr.J.A Latumeten Ambon Children’s Hospital. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 2((1)).
Wong, D. . (2016). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. EGC.
Wowiling, F. E., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi Di Ruangan Irina E Blu Rsup. Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 2(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agnes Erida Wijayanti, Yongki Umbu Sebu Kuala, Murgi Handari, Retna Ambarwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.