EDUKASI MENGGUNAKAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI PADA ANAK SD DI YOGYAKARTA
EDUCATION USING BOOKLET MEDIA ON DISASTER PREPAREDNESS KNOWLEDGE OF MOUNT MERAPI ERUPTION AMONG ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN IN JOGJAKARTA
Abstract
Latar Belakang: Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam, mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerugian harta benda, dampak psikologis dan gangguan kesehatan mental yang lebih kompleks. Indonesia merupakan negara yang rentan akan bencana alam seperti letusan gunung berapi Pendidikan siaga bencana merupakan salah satu kegiatan untuk mangantisipasi bencana khususnya pada anak-anak Sekolah Dasar yang dapat dilakukan sedini mungkin pada anak-anak SD. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi kesehatan menggunakan media booklet terhadap pengetahuan kesiapsiagaan anak sekolah dasar. Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif pra eksperimental, menggunakan pendekatan one group pretest-postest. Sampel penelitian ini adalah 32 responden yang menggunakan teknik proportional cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah media edukasi booklet dan kuesioner kesipasigaan yang dikembangkan oleh penulis. Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan kesiapsiagaan pada data pre-test dan post-test. Hasil uji Wilcoxon mengonfirmasi adanya perbedaan yang bermakna antara kesiapsiagaan sebelum dan sesudah pemberian media booklet (p value = 0,000), membuktikan bahwa media booklet efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan responden. Saran: Sekolah Dasar di Kecamatan Cangkringan dapat membuat edukasi maupun pelatihan mengenai kesiapsiagaan bencana erupsi Gunung Merapi secara rutin sehingga kesiapsiagaan anak dapat dipantau dan ditingkatkan secara berkala.
References
Adams, R. M., Karlin, B., Eisenman, D. P., Blakley, J., & Glik, D. (2017). Who Participates in the Great ShakeOut? Why Audience Segmentation Is the Future of Disaster Preparedness Campaigns. International Journal of Environmental Research and Public Health, 11(14), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph14111407
Aghaei, N., Seyedin, H., & Sanaeinasab, H. (2018). Strategies for Disaster Risk Reduction Education: A Systematic Review. Journal of Education and Health Promotion, 7(98). https://doi.org/https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_31_18
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2017). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Retrieved from https://bnpb.go.id/buku/buku-saku-bencana
BPBD Sleman. (2021). Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Sleman Tahun 2021-2025. Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Retrieved from https://bpbd.slemankab.go.id/dokumenbencana/
Budiyati, G. A., & Nurhayati, P. (2021). Penggunaan Edukasi Booklet Terhadap Sikap Remaja Pada Perilaku Merokok. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 2(5), 613–618.
Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 1(13).
Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1(29), 49–55.
Ratdomopurbo, A., B. et al. (2013). Overview of the 2006 eruption of Mt. Merapi. Journal of Volcanology and Geothermal Research, 261, 87–97.
Simeulu, P., & Asmanidar, A. (2020). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi pada Siswa SD No 7 Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Serambi Akademica, 3(8), 379–386.
Sulistiyani, S., Supriatna, N., & Fauzi, W. I. (2022). Penggunaan Komik Bertema Mitigasi Bencana Alam pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa. ENTITA. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(4), 135–154.
Tawulo, W. W. S., Prasetya, F., & Rezal, F. (2019). Efektifitas Media Booklet “GERCEP KEBUMI” Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi pada Siswa-Siswi SD Negeri 2 Baruga Di Kota Kendari. Al-Sihah?: Public Health Science Journal, 11(1), 31–39.
Triana, N., Fernalia, F., & Kurniati, T. R. (2023). Pengaruh Media Pendidika Kesehatan Bokklet Terhadap Pengetahuan Mitigasi Bencana Banjir. Jurnal Sains Kesehatan, 1(30), 32–39.
Wasis Nugroho, S. L. A. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Penanganan Pertolongan Pertama Siswa SMAN 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1).
Widyarani, L., & Priliana, W. K. (2021). Optimalisasi Pemberdayaan Anak Usia Sekolah dalam Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Berapi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 291–295.
Wijayanti, Y., & Sutama, S. (2021). Rekayasa Pembelajaran Berdasar Analisis Lingkungan Di Tengah Wabah C-19. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2(6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yosep Putro Pambayun, Arimbi Karunia Estri, Herlin Lidya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.