Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia Melalui Media Audiovisual

Improving Students' Understanding of The Physiological Anatomy of The Human Body Through Audiovisual Media

Authors

  • Ririnisahawaitun STIKes Hamzar Lombok Timur
  • Hikmah Lia Basuni STIKes Hamzar Lombok Timur
  • Nandang DD Khairari STIKes Hamzar Lombok Timur
  • Rusmalinda STIKes Hamzar Lombok Timur

Keywords:

anatomi, fisiologi, pemahaman, siswa, tubuh manusia

Abstract

Abstrak: Teknologi merupakan sarana pendidikan yang dapat mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk teknologi berupa media audiovisual yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. Kegagalan dalam pemahaman belajar Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia bagi siswa sekolah kesehatan bisa berdampak buruk dalam menentukan tindakan keperawatan di klinik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang anatomi fisiologi tubuh manusia. Pelaksanaannya yaitu dengan pemberian media audiovisual tentang anatomi tubuh manusia selama 15 menit, yang sebelum dan setelah pemberian materi  dilakukan pretest dan posttest. Terdapat 22 siswa di SMK Kesehatan Hamzar Bayan Lombok Utara yang mengikuti kegiatan ini. Sebelum diberikan konsep teori anatomi tubuh manusia dengan media audiovisual, tingkat pemahaman siswa sebagian besar pada kategori kurang sebesar 68,2%, namun pada posttest tingkat pemahaman siswa mengalami peningkatan dengan kategori pemahaman baik meningkat menjadi 81,8%. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa pemberian teori tentang anatomi fisiologi tubuh manusia melalui media audiovisual dapat meningkatkan pemahaman siswa.

 

Abstract: Technology is an educational tool that can influence the development of science, including technology in the form of audiovisual media used to improve students' understanding of the Human Body Physiology Anatomy lesson. Failure to understand the learning Anatomy of Human Body Physiology for health school students can have a devastating effect on determining nursing actions in clinics. The purpose of this activity is to improve students' understanding of the physiological anatomy of the human body. The implementation is by providing audiovisual media about the anatomy of the human body for 15 minutes, which before and after giving the material is carried out pretest and posttest. There were 22 students at SMK Kesehatan Hamzar Bayan North Lombok who participated in this activity. Before being given the concept of anatomical theory of the human body with audiovisual media, the level of student understanding was mostly in the less category of 68.2%, but in the posttest the level of student understanding increased with the good understanding category increasing to 81.8%. From this, it can be concluded that providing theories about the physiological anatomy of the human body through audiovisual media can improve students' understanding.

 

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ririnisahawaitun, Hikmah Lia Basuni, Nandang DD Khairari, & Rusmalinda. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia Melalui Media Audiovisual : Improving Students’ Understanding of The Physiological Anatomy of The Human Body Through Audiovisual Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 2(4), 50–58. Retrieved from http://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/index.php/JPKMK/article/view/252

Issue

Section

Articles